Kamis, 07 Agustus 2014

RPP Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH
:
SD NEGERI 3 MAPARAH
KELAS/SEMESTER
:
IV/1
T E M A
:
PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP
SUBTEMA 1
:
Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
PERTEMUAN KE
:
3
ALOKASI WAKTU
:
1 x 30 MENIT



A.    KOMPETENSI INTI
:                                     
1.     Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR
:
IPA
3.1      Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
BAHASA INDONESIA
3.1      Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
IPS
3.5  Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
C.    INDIKATOR
:
IPA
v  Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya
BAHASA INDONESIA
v  Menggali informasi laporan hasil pengamatan
IPS
v  Menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
v  Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya dengan benar.
v  Setelah membaca dan berdiskusi tentang laporan hasil pengamatan, siswa mampu menggali informasi dari teks laporan pengamatan lebih mendalam.
v  Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan dengan benar.

E.     MATERI PELAJARAN
-          Bagian-bagian Tumbuhan
-          Fungsi bagian tumbuhan
-          Laporan Hasil Pengamatan
-          Hubungan manusia, hewan dan tumbuhan

F.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                        : Scientific
Stategi                    : Cooerative Learning
Metode                  : Penugasan, Tanya jawab, Diskusi, dan Ceramah

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN /
KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU

PENDAHULUAN

1.    Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
2.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.    Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
4.    Menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
5.    Mempersiapkan Tumbuhan di sekitar sekolah, lembar pengamatan dan alat tulis
 5 menit

INTI

1. Mengamati (Observing)
Ø  Siswa mengamati bagian-bagian tumbuhan (gambar dan tumbuhan asli)
 2. Menanya (Questioning)
Ø Bertanya jawab tentang hubungan manusia, hewan dan tumbuhan
Ø Bertanya jawab tentang ciri-ciri bagian-bagian tumbuhan
Ø Mendengarkan jawaban siswa tentang bagian-bagian tumbuhan
Ø Mendorong keberanian siswa dalam menjawab dan memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban.
3. Asosiasi (Assosiating)
Ø Siswa dibagi menjadi 3 kelompok untuk mengamati tumbuhan yang ada di sekitar sekolah secara berkelompok dengan ketentuan sebagai berikut:
Ø  Kelompok 1: mengamati daun;
Ø  Kelompok 2: mengamati bunga dan buah;
Ø  Kelompok 3: mengamati akar.
Penilaian Proses
a.       Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas
b.      Menilai kerjasama, tanggungjawab, kedisiplinan keaktifan, mendominasi atau tidak
c.       Menilai dengan lembar pengamatan prilaku
4. Experimenting (mencoba)
Ø Membandingkan ciri-ciri tanaman yang berbeda.
Ø Mengumpulkan data tentang  nama tanaman, proses penyerbukan dan yang membantu proses penyerbukan.
5. Networking (Komunikasi) 2013,
Ø Menyajikan paparan hasil diskusi pengamatan tumbuhan (daun, bunga dan buah serta akar)
Ø Menanggapi  paparan hasil diskusi tumbuhan
Ø Menyimpulkan hasil diskusi tumbuhan
20 Menit
PENUTUP

Ø  Siswa diajak melakukan refleksi atas aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan
Ø  Guru dapat menanyakan apakah siswa sudah memahami materi tersebut.
Ø  Di bawah bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran
Ø  Siswa melaksanakan tes akhir
Ø  Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan)
5 Menit


H.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media : Tumbuhan di sekitar sekolah, lembar pengamatan dan alat tulis.
Sumber :
1.      Buku Pegangan Guru  Kelas 4 Tematik Tepadu Kurikulum 2013 Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kemendikbud
2.      Buku Siswa Kelas 4 Tematik Tepadu Kurikulum 2013 Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kemendikbud.

I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan intrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis
2.      Intrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja (terlampir)
b.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan Ganda
·         Isian Singkat
·         Esai atau uraian

3.      Diskusi untuk menggali informasi laporan hasil pengamatan dinilai dengan rubrik diskusi. (Bahasa Indonesia)

Kriteria
Bagus Sekali
Cukup Bagus
Perlu Berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih  perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.


Ket. Skor ; Bagus sekali 3, cukup bagus 2, Perlu berlatih lagi 1
Skor maksimal  9,   nilai =  

Mengetahui:

Maparah,   15 Juli 2014
Kepala Sekolah

    Guru Kelas





ENU,S.Pd






SUDRAJAT,S.Pd