Bagi PTK yang memerlukan EDS guru dan kepsek
GURU
1. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
G.1.5
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
- mencontek saat ujian
- tidak mengerjakan tugas yang diberikan
- menyalin tugas dari pekerjaan temannya
- bolos tanpa alasan yang jelas dan dapat
diterima
- malas belajar
- terlibat tawuran
- terlibat narkoba
- sering telat masuk sekolah
- tidak menghormati guru dan orang lain
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.1.6
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
- giat belajar dan rajin membaca
- membantu teman/orang lain dan hormat
pada guru
- disiplin dan mematuhi tatatertib sekolah
- melaksanakan ajaran agama yang dianutnya
- sportif dalam bertindak
- berani mengakui kesalahan
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.1.8
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah:
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah:
- mampu menghapal cukup banyak informasi
yang diajarkan
- mampu menjelaskan kembali sebuah
informasi yang dipelajari dengan kalimat sendiri
- mampu menerapkan suatu konsep untuk
menjelaskan sebuah fenomena alam atau sosial
- mampu mengidentifikasi variabel yang
terkait dengan suatu permasalahan
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.1.9
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
- mampu membaca cepat dan membuat
rangkuman dari informasi tertulis
- mampu menyampaikan ide dan pendapat
secara santun dan mudah dipahami
- menyimak informasi secara tepat dan
mampu menyampaikan kembali dengan kalimat sendiri
- mampu melakukan telaah secara kritis
kritis terhadap teks atau buku
- membuat karya tulis dengan deskripsi
yang berkesinambungan dan mudah dipahami
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.1.10
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati dan bertanya untuk berpikir dan bertindak produktif serta kreatif adalah
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati dan bertanya untuk berpikir dan bertindak produktif serta kreatif adalah
- melakukan pengamatan dengan bimbingan
dan petunjuk yang jelas dari guru
- mengajukan ide atau pertanyaan yang
menunjukkan kreatifitas
- mengamati dan menanyakan tentang sebuah
produk/karya seni atau teknologi
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.1.11
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
- hasil meniru karya orang lain
- hasil modifikasi karya orang lain
- hasil kreasi sendiri sesuai dengan
fasilitas yang tersedia
2. STANDAR ISI
G.2.2
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
- ceramah
- diskusi dan tanya jawab
- demonstrasi
- penemuan terbimbing
- pemecahan masalah
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.2.5
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
- Standar Isi
- Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
- Standar proses
- Standar penilaian
- Panduan penyusunan KTSP yang disusun
BSNP
- Standar Isi dan Standar Kompetensi
Lulusan dari sekolah di negara maju
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.2.6
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
- Mengadopsi dan mengadaptasi model yang
dikembangkan oleh BSNP
- Mengembangkan KTSP melalui KKG/KKS/MGMP
- Mengembangkan KTSP sendiri dengan
mengacu panduan yang disusun BSNP
- Mengembangkan KTSP sendiri dengan
mengacu kurikulum sekolah di negara maju
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.2.7
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
- Berpusat pada potensi, perkembangan,
kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
- Beragam dan terpadu
- Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni
- Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
- Menyeluruh dan berkesinambungan
- Belajar sepanjang hayat
- Seimbang antara kepentingan nasional dan
kepentingan daerah
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.2.9
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
- tes tertulis
- tes lisan
- pengamatan kinerja
- pengukuran sikap
- penilaian hasil karya berupa tugas
- penilaian proyek
- penilaian produk
- portofolio
- penilaian diri
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.2.10
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
- Sahih (teruji kebenarannya)
- Signifikan (bermanfaat dalam pencapaian
kompetensi)
- Bermanfaat secara akademis dan non
akademis
- Kelayakan (mempertimbangkan taraf
berpikir peserta didik)
- Relevan, konsisten, dan edukatif
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.2.11
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
- dominan pada aspek sikap dan perilaku
- dominan pada aspek pengetahuan
- dominan pada aspek keterampilan
- proporsi sikap, pengetahuan, dan
ketrerampilan dibuat merata
G.2.12
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
- Mengembangkan ketrampilan berpikir
kritis
- Mengembangkan ketrampilan pemecahan
masalah
- Mengembangkan budaya membaca dan menulis
untuk menumbuhkan budaya gemar
- membaca
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.2.13
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
- Sesuai perkembangan usia peserta didik
- Mengembangkan karakter mulia.
- Memperhatikan gender
- Memperhatikan karakeristik lingkungan
sekitar peserta didik
- Memperhatikan kehidupan sosial peserta
didik
- Mengembangkan sikap nasionalisme dalam
kehidupan bernegara.
- Memfasilitasi penggunaan teknologi
- tidak ada jawaban yang sesuai
3.
STANDAR PROSES
G.3.1
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
- Menganalisis kompetensi yang akan
diperoleh siswa
- Menetapkan materi ajar
- Memilih model/metode belajar yang
relevan
- Menentukan dan mengevaluasi buku sumber
yang digunakan
- Menyusun bahan ajar sesuai karakteristik
peserta didik
- Menyusun penilaian yang relevan
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.3.2
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
- Memperhatikan perbedaan individu
- Mendorong partisipasi aktif peserta
didik
- Mengembangkan budaya membaca dan menulis
- Umpan balik dan tindak lanjut
- Keterkaitan dan keterpaduan antara
SKL-standar isi-materi-kegiatan belajar-penilaian
- Penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi
- Metode pembelajaran aktif, kreatif,
efektif, dan menarik
- Pemilihan media yang sesuai
- Penggunaan sumber belajar yang relevan
- Penggunaan penilaian autentik
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.3.3
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
- kompetensi yang akan dicapai
- cakupan materi ajar
- rancangan tugas selama satu semester
- tugas mandiri dan tugas kelompok yang
harus dikerjakan
- penilaian yang akan dilakukan
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.3.4
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
- Melakukan remedial untuk peserta didik
yang belum tuntas belajar
- Melakukan refleksi proses pembelajaran
dan memperbaiki pembelajaran
- Menganalisis daya serap peserta didik
dan memperbaiki pembelajaran
- Mengecek gaya belajar peserta didik dan
menyesuaikan pembelajaran
- Berkomunikasi dengan teman sejawat atau
KKG/MGMP untuk mempersiapkan PBM yang lebih baik
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.3.10
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
- Buku teks dan lembar kerja dari penerbit
tertentu
- Buku teks yang dikembangkan sendiri atau
oleh kelompok guru
- Buku panduan
- Ensiklopedia atau kamus
- Majalah dan/atau Koran
- Internet
- Diktat yang dikembangkan sendiri
- Modul belajar
- Nara sumber yang menguasai bidangnya
- Perpustakaan atau museum
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.3.13
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
- Melaksanakan program sekolah dan
tatatertib untuk pembentukan karakter jujur, disiplin, dan
bertanggungjawab
- Melaksanakan pembelajaran yang memiliki
dampak langsung terhadap pembentukan karakter jujur, disiplin,
tanggungjawab, dan menghargai orang lain
- Melaksanakan pembelajaran yang
menyadarkan akan pentingnya memiliki karakter jujur, disiplin, dan
bertanggungjawab
- Melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler
yang memiliki dampak terhadap pembentukan karakter jujur, disiplin,
bertanggungjawab, dan menghargai orang lain
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.3.15
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
- Memperbanyak aktifitas siswa dalam
membaca, menulis dan berbicara dalam belajar
- Memberi tugas belajar berupa telaah buku
dan membuat karya tulis
- Melakukan aktifitas belajar berkelompok
- Memberi tugas mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber
- Memberi tugas berkomunikasi dengan
anggota masyarakat untuk kepentingan belajar
- Mempresentasikan hasil kerja mandiri
atau kelompok di depan kelas
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.3.17
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
- Tidak cukup waktu
- Kurang menguasai metode mengajar yang
efektif dan efisien
- Tidak didukung Kepala Sekolah
- Kurangnya sarana dan prasarana yang
mendukung di sekolah
- Kemampuan peserta didik tidak memadai
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.3.18
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
- Ceramah dan diskusi
- Belajar berkelompok
- Pembelajaran berbasis proyek
- Pembelajaran berbasis masalah
- Pembelajaran inkuiri dan penemuan
(discovery)
- Strategi/metode inovatif lainnya
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.3.19
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
- Tidak cukup waktu
- Kurang menguasai metode mengajar yang
efektif dan efisien
- Tidak didukung Kepala Sekolah
- Kurangnya sarana dan prasarana di
sekolah
- Kemampuan peserta didik tidak memadai
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.3.20
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
- Memotivasi peserta didik untuk giat
belajar pada kegiatan awal pembelajaran
- Meningkatkan keingintahuan melalui
pengamatan fenomena alam dan sosial
- Melibatkan peserta didik dalam
pembelajaran aktif untuk mengekplorasi fenomena alam dan sosial
- Melakukan pembelajaran secara inkuiri
- Menumbuhkan kebiasaan membaca dan
menyampaikan informasi yang diperoleh
- mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber untuk menganalisis sebuah permasalahan
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.3.27
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
- Lebih dari 2 kali/tahun
- 2 kali/tahun
- 1 kali/tahun
- tidak pernah
G.3.29
Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
- Perencanaan
- Pelaksanaan pembelajaran
- Penilaian hasil belajar
- tidak ada jawaban yang sesuai
4.
STANDAR PENILAIAN
G.4.1
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
- Obyektif, yakni berbasis pada standar
dan tidak subyektif
- Terpadu, yakni terencana, menyatu dengan
kegiatan pembelajaran, dan berkesinambungan
- Ekonomis, yakni efisien dan efektif
dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
- Transparan, yakni prosedur penilaian,
kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diakses oleh
semua pihak
- Akuntabel, yakni dapat
dipertanggungjawabkan kepada pihak internal sekolah maupun eksternal untuk
aspek teknik, prosedur, maupun hasilnya
- Edukatif, mendidik dan memotivasi
peserta didik dan guru
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.4.3
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
- menetapkan indicator, menyusun
kisi-kisi, menyusun instrumen, mengkaji SK/KD, memilih jenis instrumen
- mengkaji SK/KD, memilih jenis
instrument, menyusun kisi-kisi, menyusun instrumen
- mengkaji SK/KD, menyusun kisi-kisi,
memilih jenis instrument, menyusun instrumen
- mengkaji SK/KD, memilih jenis
instrument, menyusun instrumen, menyusun kisi-kisi
- melakukan pembahasan instrumen bersama
teman sejawat, menyusun instrumen
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.4.6
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
- Dokumen cetak
- Dokumen yang mudah diakses di internet
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.4.7
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
- Pedoman penilaian
- Kriteria ketuntasan hasil belajar
- Pedoman penskoran termasuk rubrik
penilaian
- Petunjuk tentang pengolahan nilai dan
KKM
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.4.10
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
- Tes tertulis
- Tes lisan
- Instrumen penugasan
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.4.11
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
- Menganalisis kesamaan/pola jawaban dalam
jawaban ujian
- Melakukan pengamatan sikap dan perilaku
terutama untuk kelompok pelajaran agama dan akhlak mulia
- Menganalisis laporan hasil pengamatan
beberapa guru terkait sikap dan perilaku peserta didik
- Menilai sikap perilaku peserta didik
ketika berada di sekolah
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.4.12
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
- Lembar Observasi
- Penilaian diri
- Penilaian antar teman
- Jurnal
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.4.13
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
- Menganalisis tes uraian menggunakan
rubrik
- Menilai laporan telaah buku dan/atau
karya tulis yang dibuat oleh peserta didik
- Menilai penyampaian peserta didik dalam
menyajikan karya di depan kelas
- Menilai sikap dan kemampuan peserta
didik dalam berkomunikasi
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.4.14
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
- Penilaian karya yang dihasilkan
menggunakan rubrik
- Melaksanakan pameran hasil karya peserta
didik (showcase portfolio)
- Penilaian proses selama pembelajaran,
terkait dengan kemampuan mengidentifikasi permasalahan dan menganalisis
masalah, dan mengajukan solusi
- Penilaian kemampuan peserta didik dalam
merancang, menghasilkan, dan mengkomunikasikan proses penyelesaian
masalah/pembuatan produk
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.4.15
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
- Fortofolio
- Tes praktek
- Proyek
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.4.16
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
- kurang memahami cara membuat instrumen,
menggunakan, dan mengolah hasilnya
- belum melakukan penilaian sikap dan
perilaku karena tidak tercantum dalam RPP
- tidak cukup waktu untuk melaksanakan
penilaian sikap dan perilaku
- penilaian sikap dan perilaku tidak dituntut
oleh sekolah
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.4.20
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
- Kemajuan belajar siswa,
- Kesulitan belajar siswa,
- Cara melakukan perbaikan proses
pembelajaran
- tidak ada jawaban yang sesuai
5.
STANDAR PTK
G.5.10
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
- dilakukan dengan bantuan sekolah dan
sudah diterapkan dalam pembelajaran
- dilakukan secara mandiri atas inisiatif
sendiri, namun belum memahami penilaian secara utuh
- diperoleh melalui diskusi bersama rekan
guru dalam kegiatan MGMP/KKG
- diperoleh dengan bantuan
Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
- diperoleh dengan bantuan
Kemdikbud/Pemda, dan sudah menerapkan penilaian autentik
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.5.11
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
- dilakukan dengan bantuan sekolah dan
sudah diterapkan dalam pembelajaran
- dilakukan secara mandiri atas inisiatif
sendiri, namun belum paham
- diperoleh melalui diskusi bersama rekan
guru dalam kegiatan MGMP/KKG
- diperoleh dengan bantuan
Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
- diperoleh dengan bantuan
Kemdikbud/Pemda, dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
- tidak ada jawaban yang sesuai
6. STANDAR PENGELOLAAN
G.6.3
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
- Rapat
- Spanduk, leaflet, brosur
- Papan pajangan/banner
- Dokumen RKS
- Surat edaran kepala sekolah
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.6.8
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
- Kepala sekolah
- Guru
- Orang Tua Peserta didik
- Pemerintah daerah
- Dunia usaha dan dunia industri
- Alumni
- Tokoh masyarakat
- Ketua Yayasan (untuk sekolah swasta)
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.6.10
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
- Penyusunan RKAS sekolah
- Membangun kerjasama kemitraan dengan
lembaga lain
- Pemecahan masalah belajar peserta didik
- Pengembangan kurikulum dan silabus
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.6.11
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
- Melibatkan orang tua peserta didik dalam
upaya meningkatkan mutu sekolah
- Melibatkan guru dan komite sekolah dalam
menetapkan sebuah kebijakan
- Menerapkan azas demokrasi, keterbukaan,
dan bertanggungjawab dalam pengambilan keputusan
- Menerapkan sistem manajemen yang
dilaksanakan secara berkelanjutan dan mampu membuat sekolah menjadi
mandiri
- Menerapkan standar pelayanan prima
- Menerapkan manajemen mutu terpadu
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.6.25
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
- Ikhlas dalam melaksanakan kegiatan
sekolah
- Bertukar pendapat dalam pemecahan
masalah belajar peserta didik
- Disiplin dalam menjalankan tugas
- Sikap ilmiah yang dimiliki warga sekolah
- Suasana kondusif di sekolah
- Tolong-menolong melalui kegiatan sosial
sekolah
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.6.26
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
- Kejujuran
- Memperhatikan bawahan, dan terbuka
- Kerja keras dan disiplin
- komunikatif dan perhatian
- Bekerjasama dengan pihak lain untuk
kepentingan pengembangan sekolah
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.6.27
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
- Kepedulian pimpinan terhadap program
kerja sekolah
- Tanggungjawab kepala sekolah
- Keikhlasan dalam melaksanakan tugas
- Kemampuan mengorganisir staf/guru
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.6.28
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
- Dapat diakses via internet
- dapat diakses melalui komputer di
ruangan khusus
- Disediakan dalam bentuk laporan cetak
- hanya dapat diakses oleh pihak tertentu
- Tidak tersedia
- tidak ada jawaban yang sesuai
7.
STANDAR SARANA DAN PRASARANA
G.7.15
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
- Digunakan secara rutin
- Tidak dapat digunakan karena peralatan
tidak lengkap
- Tidak dapat digunakan karena peralatan
utama rusak
- Tidak digunakan karena tidak ada bahan
yang dibutuhkan
- Tidak digunakan karena tidak terkait
dengan tujuan pembelajaran
- Tidak digunakan karena belum memahami
cara menggunakannya
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.7.16
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
- Sering digunakan
- Penyimpanan yang tidak tepat
- Tidak dirawat secara rutin karena tidak
ada dana
- Tidak digunakan karena tidak sesuai
dengan kebutuhan
- Memang sudah rusak sejak diterima
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.7.17
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
- Sirkulasi udara baik
- Kebersihan terjaga
- Pencahayaan cukup
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.7.18
Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
- Ukuran ruang standar
- Penataan ruang baik
- Kelengkapan perabot mencukupi
- Tersedia sambungan internet
- Daya listrik memadai
- tidak ada jawaban yang sesuai
G.7.20
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
- Ukuran ruang memadai
- Penataan ruang baik
- Kelengkapan perabot mencukupi
- Peralatan Memadai
- Sambungan internet
- Daya listrik yang memadai
- tidak ada jawaban yang sesuai
KASEK
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
KS.1.1
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat kabupaten/kota pada satu tahun terakhir adalah ...
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat kabupaten/kota pada satu tahun terakhir adalah ...
KS.1.2
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat propinsi pada satu tahun terakhir adalah ...
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat propinsi pada satu tahun terakhir adalah ...
KS.1.3
Jumlahpenghargaan yang diraih sekolah pada tingkat nasional pada satu tahun terakhir adalah ...
Jumlahpenghargaan yang diraih sekolah pada tingkat nasional pada satu tahun terakhir adalah ...
KS.1.4
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat internasional pada satu tahun terakhir adalah ...
Jumlah penghargaan yang diraih sekolah pada tingkat internasional pada satu tahun terakhir adalah ...
STANDAR ISI
KS.2.3
Program layanan bimbingan yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/Ibu mencakup
Program layanan bimbingan yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/Ibu mencakup
- Pengembangan
kepribadian peserta didik
- Pengembangan
sosial peserta didik
- Pengembangan
belajar peserta didik
- Berkenaan
masalah karier peserta didik
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.2.4
Dokumen data yang dikembangkan di sekolah sebagai pendukung program pelayanan bimbingan dan konseling yang termuat dalam kurikulum sekolah adalah
Dokumen data yang dikembangkan di sekolah sebagai pendukung program pelayanan bimbingan dan konseling yang termuat dalam kurikulum sekolah adalah
- dokumen
tata tertib sekolah
- data
peserta didik,
- dokumen
asesmen autentik peserta didik
- dokumen
permasalahan belajar peserta didik
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.2.8
Penelaahan kurikulum yang dilakukan oleh sekolah dilengkapi dengan
Penelaahan kurikulum yang dilakukan oleh sekolah dilengkapi dengan
- Laporan
tertulis berupa daftar rekomendasi perbaikan kurikulum.
- Laporan
tertulis berupa laporan hasil kegiatan riviu kurikulum (lengkap dengan
lampiran yang relevan)
- Tidak
ada laporan, karena sekolah tidak melakukan riviu kurikulum
STANDAR PROSES
KS.3.28
Cara bapak/ibu dalam melakukan pemantauan kegiatan pembelajaran oleh guru adalah melalui
Cara bapak/ibu dalam melakukan pemantauan kegiatan pembelajaran oleh guru adalah melalui
- Diskusi
kelompok terfokus
- Pengamatan
- Pencatatan
- Perekaman
- Wawancara
- Dokumentasi
- tidak
ada jawaban yang sesuai
STANDAR PENILAIAN
KS.4.2
Dalam merancang penilaian, guru di sekolah bapak/ibu menggunakan:
Dalam merancang penilaian, guru di sekolah bapak/ibu menggunakan:
- pedoman
penilaian
- kriteria
ketuntasan hasil belajar
- pedoman
penskoran termasuk rubrik penilaian
- petunjuk
tentang pengolahan nilai dan KKM
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.4.8
Sekolah menyelenggarakan rapat dewan pendidik untuk:
Sekolah menyelenggarakan rapat dewan pendidik untuk:
- menentukan
kriteria kenaikan kelas bagi sekolah yang menggunakan sistem paket
- menentukan
nilai akhir kelompok mata pelajaran estetika, pendidikan jasmani, olahraga
dan kesehatan
- memetakan
permasalahan yang dihadapi sekolah
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.4.9
Untuk menjamin kesahihan instrumen penilaian, guru di sekolah bapak/ibu melakukan langkah-langkah berikut :
Untuk menjamin kesahihan instrumen penilaian, guru di sekolah bapak/ibu melakukan langkah-langkah berikut :
- menyusun
kisi-kisi instrumen
- menyusun
soal berdasarkan kisi-kisi soal
- melakukan
analisis kesesuaian instrumen penilaian dengan kompetensi yang diukur (uji
validitas)
- menggunakan
butir soal yang sudah dianalisis untuk penilaian hasil belajar
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.4.17
Penyampaian laporan hasil evaluasi mata pelajaran serta hasil penilaian setiap peserta didik disampaikan pada kepada Kepala Sekolah pada
Penyampaian laporan hasil evaluasi mata pelajaran serta hasil penilaian setiap peserta didik disampaikan pada kepada Kepala Sekolah pada
- akhir
semester dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik
- akhir
tahun dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik
- Tidak
dilaporkan
KS.4.18
Laporan yang disampaikan Kepala Sekolah/Madrasah kepada orang tua peserta didik dan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Kandepag pada setiap akhir semester adalah
Laporan yang disampaikan Kepala Sekolah/Madrasah kepada orang tua peserta didik dan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Kandepag pada setiap akhir semester adalah
- Ulangan
Akhir Semester (UAS)
- Ulangan
Kenaikan Kelas (UKK)
- Ujian
Akhir (US/UN)
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.4.19
Setelah melakukan penilaian hasil belajar, guru melakukan:
Setelah melakukan penilaian hasil belajar, guru melakukan:
- Analisis
penilaian hasil belajar
- Program
pebaikan/pengayaan
- Revisi
RPP untuk perbaikan proses pembelajaran berdasarkan analisis penilaian
hasil belajar
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.4.21
Kegiatan yang dilakukan sekolah terkait dengan hasil ujian nasional (UN) dan ada buktinya di sekolah adalah
Kegiatan yang dilakukan sekolah terkait dengan hasil ujian nasional (UN) dan ada buktinya di sekolah adalah
- Pelatihan
guru
- Memperbaiki
bahan ajar
- Melakukan
remedial
- Memperbaiki
RPP secara kolektif
- Menyusun
instrumen penilaian yang berkualitas
- tidak
ada jawaban yang sesuai
STANDAR PTK
KS.5.4
Aktifitas guru yang dilakukan di sekolah di luar jam mengajar antara lain
Aktifitas guru yang dilakukan di sekolah di luar jam mengajar antara lain
- Melakukan
kegiatan administrasi
- Berdiskusi
dengan kelompok guru mata pelajaran untuk peningkatan mutu proses
pembelajaran
- Melakukan
refleksi kegiatan pembelajaran dan membuat perbaikan RPP
- Menelaah
laporan tugas dan hasil ujian peserta didik
- Membaca
untuk persiapan mengajar
- Merancang
dan membuat media atau alat peraga untuk kegiatan pembelajaran
- Mengumpulkan
dan mempelajari berbagai informasi untuk membuat bahan ajar
- Membuat
instrumen evaluasi untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku
- tidak
ada jawaban yang sesuai
STANDAR PENGELOLAAN
KS.6.1
Hal yang dijadikan pertimbangan dalam penyusunan visi dan misi sekolah
Hal yang dijadikan pertimbangan dalam penyusunan visi dan misi sekolah
- Analisis
kebutuhan internal stakeholder
- Analisis
kebutuhan eksternal stakeholder
- Hasil
analisis profil sekolah
- Hasil
evaluasi diri sekolah
- Standar
Kompetensi Lulusan
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.2
Ukuran kompetensi lulusan yang mencerminkan keterwujudan visi, keterlaksanaan misi dan ketercapaian tujuan sekolah adalah:
Ukuran kompetensi lulusan yang mencerminkan keterwujudan visi, keterlaksanaan misi dan ketercapaian tujuan sekolah adalah:
- Persentase
pencapaian kompetensi lulusan sesuai dengan standar minimal kelulusan
sekolah
- Kompetensi
lulusan relevan dengan kebutuhan pemangku kepentingan
- Persentase
jumlah peserta didik yang mencapai SKL
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.4
Penyusunan rencana kerja sekolah (baik RKS maupun RKA-S) dilakukan dengan cara
Penyusunan rencana kerja sekolah (baik RKS maupun RKA-S) dilakukan dengan cara
- Mempertimbangkan
masukan dari komite sekolah
- Analisis
kebutuhan berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah
- Diketahui
oleh dinas pendidikan kab/kota atau oleh penyelenggara sekolah bagi
sekolah swasta
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.5
Upaya pengembangan karier guru yang telah dilakukan adalah
Upaya pengembangan karier guru yang telah dilakukan adalah
- promosi
guru berdasarkan asas kemanfaatan, kepatutan, dan profesionalisme
- pengembangan
guru yang diidentifikasi sesuai dengan aspirasi individu dan kebutuhan
kurikulum
- penempatan
guru sesuai dengan kebutuhan baik jumlah dan kualifikasinya dengan
menetapkan aspek prioritas
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.6
Aspek-aspek apa saja yang diuraikan dalam rencana kerja tahunan yang dimiliki sekolah Bapak/Ibu?
Aspek-aspek apa saja yang diuraikan dalam rencana kerja tahunan yang dimiliki sekolah Bapak/Ibu?
- Kesiswaan
- Kurikulum
dan kegiatan pembelajaran
- Pendidik
dan tenaga kependidikan
- Sarana
dan prasarana
- Keuangan
dan pembiayaan
- Budaya
dan lingkungan sekolah
- Peran
serta masyarakat dan kemitraan
- Rencana
kerja untuk peningkatan mutu
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.7
Pedoman pengelolaan sekolah yang dimiliki:
Pedoman pengelolaan sekolah yang dimiliki:
- Kurikulum
- Kalender
pendidikan
- Struktur
organisasi sekolah
- Pembagian
tugas guru
- Pembagian
tugas tendik
- Peraturan
akademik
- Tata
tertib sekolah
- Kode
etik sekolah
- Biaya
operasional sekolah
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.8
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
- Kepala
sekolah
- Guru
- Orang
Tua Peserta didik
- Pemerintah
daerah
- Dunia
usaha dan dunia industri
- Alumni
- Tokoh
masyarakat
- Ketua
Yayasan (untuk sekolah swasta)
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.9
Pihak pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengembangan dan penetapan visi, misi, dan tujuan sekolah Bapak/Ibu
Pihak pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengembangan dan penetapan visi, misi, dan tujuan sekolah Bapak/Ibu
- Komite
sekolah
- Dinas
pendidikan
- Pakar
pendidikan
- Dewan
guru
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.12
Kapan sekolah bapak/ibu mereviu visi/misi sekolah :
Kapan sekolah bapak/ibu mereviu visi/misi sekolah :
- Tidak
pernah
- Kurang
dari 4 tahun sekali
- 4
tahun sekali
- Sesuai
kebutuhan
KS.6.13
Penyusunan program peningkatan mutu sekolah berdasarkan pada:
Penyusunan program peningkatan mutu sekolah berdasarkan pada:
- Evaluasi
diri sekolah
- Kelulusan
peserta didik
- Akreditasi
sekolah
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.14
Program pengawasan dan evaluasi yang disusun dan dilakukan di sekolah bapak/Ibu meliputi
Program pengawasan dan evaluasi yang disusun dan dilakukan di sekolah bapak/Ibu meliputi
- pemantauan
- supervisi
- evaluasi
- pelaporan
- tindak
lanjut
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.15
Program pengawasan pelaksanaan akademik internal sekolah yang bapak/ibu lakukan meliputi evaluasi:
Program pengawasan pelaksanaan akademik internal sekolah yang bapak/ibu lakukan meliputi evaluasi:
- Kehadiran
guru dan peserta didik
- Ketersediaan
dokumen perencanaan pembelajaran yang dikembangkan guru
- Sumber
belajar yang digunakan guru
- Efektivitas
pembelajaran yang dilaksanakan guru
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.16
Upaya tindak lanjut kepala sekolah terhadap hasil temuan supervisi dilakukan melalui:
Upaya tindak lanjut kepala sekolah terhadap hasil temuan supervisi dilakukan melalui:
- Mengontrol
kesesuaian mekanisme pelaksanaan program/kegiatan
- Melakukan
penyamaan persepsi ketua dan pelaksana kegiatan
- Melakukan
pendampingan dalam pelaksanaan program/kegiatan
- Mengevaluasi
RKAS terkait kesesuaian indikator mutu kegiatan
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.17
Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah Bapak/Ibu
Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah Bapak/Ibu
- Dilakukan
setiap akhir tahun pelajaran
- Dilakukan
setiap akhir semester
- Dilakukan
setiap 4 tahun sekali sesuai masa jabatan kepala sekolah
- Tidak
pernah dilakukan
KS.6.18
Program peningkatan mutu sekolah pada tahun ini, meliputi
Program peningkatan mutu sekolah pada tahun ini, meliputi
- Peningkatan
sarana dan prasarana sekolah
- Peningkatan
kualitas pembelajaran
- Peningkatan
mutu pengelolaan/manajemen sekolah
- Peningkatan
pencapaian kelulusan
- Peningkatan
suasana kondusif
- Pendidikan
karakter/akhlak/budi pekerti
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.19
Penetapan struktur organisasi sekolah dilakukan melalui mekanisme
Penetapan struktur organisasi sekolah dilakukan melalui mekanisme
- Keputusan
Kepala Sekolah
- Mempertimbangkan
pendapat Komite Sekolah
- Evaluasi
secara berkala
- Rapat
dewan pendidik
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.20
Hal yang dijadikan pertimbangan oleh bapak/ibu dalam memberikan tugas pada PTK adalah
Hal yang dijadikan pertimbangan oleh bapak/ibu dalam memberikan tugas pada PTK adalah
- Keahlian
staf/guru
- Komitmen
staf/guru
- Beban
kerja staf/guru
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.21
Mekanisme yang dilalui dalam setiap pelaksanaan kegiatan di sekolah bapak/ibu adalah
Mekanisme yang dilalui dalam setiap pelaksanaan kegiatan di sekolah bapak/ibu adalah
- Menyusun
Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah
- Penentuan
penanggungjawab dan pelaksana kegiatan
- Rapat
koordinasi pelaksanaan kegiatan dan penentuan mekanisme kegiatan
- Pelaksanaan
Kegiatan
- Monitoring
dan Evaluasi pelaksanaan kegiatan
- Pengukuran
hasil dan dampak serta Penyusunan Laporan Pelaksanaan kegiatan
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.22
Prinsip-prinsip yang telah diterapkan oleh sekolah dalam seleksi penerimaan peserta didik baru
Prinsip-prinsip yang telah diterapkan oleh sekolah dalam seleksi penerimaan peserta didik baru
- Objektif,
transparan dan akuntabel
- Tanpa
diskriminasi
- Berdasar
kriteria hasil Ujian Nasional
- Sesuai
daya tampung sekolah
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.23
Kebijakan dan program apa saja yang telah dikembangkan dan diterapkan oleh sekolah dalam upaya pembinaan karakter dan disiplin siswa, antara lain:
Kebijakan dan program apa saja yang telah dikembangkan dan diterapkan oleh sekolah dalam upaya pembinaan karakter dan disiplin siswa, antara lain:
- Tersedianya
tata tertib sekolah
- Implementasi
program pengembangan karakter peserta didik
- Implementasi
kedisiplinan dan keteladanan guru dalam keseharian aktivitas sekolah
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.6.24
Kebijakan pimpinan sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan di sekolah adalah
Kebijakan pimpinan sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan di sekolah adalah
- Melakukan
review kurikulum (peninjauan kembali kompetensi, materi akademik,
strategi/metode, penilaian)
- Penetapan
penilaian berbasis kelas
- Monitoring
pelaksanaan kegiatan pembelajaran
- Implementasi
model pembelajaran yang inovatif
- tidak
ada jawaban yang sesuai
STANDAR SARANA DAN PRASARANA
KS.7.19
Kondisi kenyamanan ruang kerja pimpinan / kepala sekolah :
Kondisi kenyamanan ruang kerja pimpinan / kepala sekolah :
- Sirkulasi
udara baik
- Kebersihan
terjaga
- Pencahayaan
cukup
- Penataan
ruang baik
- Ukuran
ruang memadai
- Prabot
lengkap
- Peralatan
memadai
- Tersedia
sambungan internet
- Daya
listrik yang memadai
- tidak
ada jawaban yang sesuai
STANDAR PEMBIAYAAN
KS.8.7
Bentuk bantuan yang diberikan bagi peserta didik miskin adalah:
Bentuk bantuan yang diberikan bagi peserta didik miskin adalah:
- pemberian
beasiswa
- penyesuaian
kemampuan iuran sekolah
- pembebasan
uang iuran dan biaya lainnya
- Pemberian
subsidi silang
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.8.8
Sarana prasarana milik sekolah yang telah dihitung nilai asetnya pada tahun terakhir:
Sarana prasarana milik sekolah yang telah dihitung nilai asetnya pada tahun terakhir:
- Gedung
- Tanah/Lahan
- Meubelair
- Kendaraan
bermotor
- Peralatan
multimedia
- Perabot
- tidak
ada jawaban yang sesuai
KS.8.9
Dokumen laporan pembiayaan yg dimiliki sekolah:
Dokumen laporan pembiayaan yg dimiliki sekolah:
- catatan
tahunan berupa dokumen investasi sarana dan prasarana
- pembukuan
biaya operasionalonal
- laporan
pertanggungjawaban pengelolaan keuangan
- tidak
ada jawaban yang sesuai