1. Gambarlah penjumlahan 5 +
(– 3) dengan menggunakan kartu 2 warna yang berbeda: (hitam dan
putih)
putih)
2. Gambarlah perkalian 5 − 3 dengan menggunakan garis Bilangan
3. Buktikan bahwa perkalian 5 X (– 3) = - 15
dengan menggunakan pendekatan pola bilangan
4. Gambarlah perkalian - 3 x 2 dengan menggunakan
garis Bilangan
5. Buatlah jaring-jaring makanan yang terdiri
dari 5 rantai makanan!
6. Mengapa jamur termasuk heterotrof?
7. Dalam sebuah ekosistem terjadi hubungan timbal
balik antara komponen biotik dengan abiotik. Berikanlah sebuah contoh yang
menunjukkan hubungan tersebut!
8. Jelaskan perbedaan antara ekosistem alami
dengan ekosistem buatan serta berikan contohnya masing-masing!
9. Apa yang terjadi pada ekosistem sungai bila
ada pencemaran yang berupa buangan air panas ke sungai?
10. Jelaskan bahwa pemakaian DDT yang berlebihan sebagai bahan
buangan yang nonbiodegradable akan menyebabkan air lingkungan ikut tercemar!
11. Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca!
12. Mengapa karbon monoksida atau CO sangat berbahaya kalau terhirup
manusia?
13. Secara historis epistemologis terdapat kesilatan untuk
menelusuri perkembangan pemikiran PIPS di Indonesia. Jelaskan mengapa ?
14. Coba anda jelaskan tentang pertama kali munculnya istilah IPS ?
15. Perkembangan pemikiran pendidikan IPS yang tertuang dalam,
kurikulum sampai dengan tahun 1990-an, pendidikan IPS di Indonesia disajikan
dalam dua tradisi. Tunjukkan dan jelaskan!
16. Mengapa kurikulum PPSP dianggap sebagai pilar dalam perkembangan
pemikiran pendidikan IPS ?
mudah- mudahan bisa berguna untu latihan !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar